Senin, 05 Desember 2011

contoh RPP KK Perkebunan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah               : SMKN 3 Siak
Mata Pelajaran              : Kompetensi Keahlian
Pertemuan Ke-              : 1
Alokasi Waktu              : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi     : Membibitkan Tanaman Perkebunan
Kompetensi Dasar        : Menyiapkan Lokasi Pembibitan Tanaman
Indikator                       : Mendemonstrasikan Media pembibitan  sesuai persyaratan tumbuh bibit   tanaman

I.                    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat membuat media pembibitan sesuai persyaratan tumbuh bibit tanaman
II.                  Materi Pembelajaran
·         Penyiapan media pembibitan
III.                Model Dan Metode Pembelajaran
·         Model             : pengajaran langsung (DI)
·         Metode                       : Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, tugas  
IV.               Langkah – Langkah Pembelajaran
·         Kegiatan awal (5 menit)
1.      Apersepsi, guru mengingatkat siswa tentang pelajaran yang telah dipelajarai
-          Apa saja sarana pembibitan ?
2.      Motifasi, guru memberikan motifasi kepada siswa tentang perlunya pembibitan yang baik
-          Kenapa dalam usaha budidaya tanaman perkebunan perlu dilakukan pembibitan yang biak ?
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  (F1)

·         Kegiatan Inti (30 menit)
1.      Guru mendemonstrasikan dan menyajikan informasi tahap demi tahap pencampuran media tanam, (F2)
2.      Siswa mengulangi demonstrasi yang telah dilakukan guru (F3)
3.      Guru memberikan LKS dan mengecek pemahaman siswa (F4)
4.      Guru member kesempatan siswa melakukan lanjutan dengan melakukan pencampuran media tanam dan memasukan kedalam polibag diluar sekolah (F5)
·         Kegiatan akhir (10 menit)
1.      Siswa menyimpulkan mata pelajaran dibawah bimbingan guru
2.      Guru melaksanakan Postes
3.      Guru memberikan tugas/PR
V.                  Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Alat                       : laptop, LCD, skop, cangkul, kored
·         Bahan                    : tanah topsoil, arang sekam, kompos, polibag
·         Sumber belajar      : Modul agribisnis tanaman perkebunan, buku budidaya tanaman perkebunan, Lembar Kerja Siswa
VI.               Penilaian  
Teknik penilaian                : Tes tertulis, tes sekap, tes unjuk kerja
Bentuk instrument           : Urean, lembar obserfasi, uji prosedur dan prodak
Contoh instrument           : Terlampir
Tes tertulis nilai 20 %
1.      Sebut dan jelaskan dua cara pembibitan kelapa sawit !
2.       Ukuran polibag berapakah yang dipakai untuk pendederan pre nursery dan main nursery


·         Kunci jawaban dan skor
No
Jawaban
Skor
1
Pembibitan 1 tahap  : kecambah langsung di tanam di polibag besar
Pembibitan 2 tahap  : yaitu pembibitan yang dilakukan 2 kali yaitu pada tahap awal atau pre nursery dan pembibitan yang dilakukan pada tahap utama atau main nursery
75
2
Polibag pre nursery polibag ukuran 12 X 23 Cm. ukuran polibag main nursery 15 X 23 Cm (nilai 25)

25
Jumlah skor
100




















Tes sikap Afektif nilai 20 %
Mata pelajaran                         : kompetensi keahlian
Kelas/semester                        : X/genap
Alokasi waktu                         : 1 X 45 menit
Materi                                      : Penyiapan media pembibitan
Berilah tanda ceklis untuk aktifitas siswa
No
Nama siswa
Aktifitas siswa
1
2
3
4
5
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10











Keterangan ;
1.      Keaktifan
2.      Teliti
3.      Kerjasama
4.      Kejujuran
5.      Tanggung jawab

MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH




AY. Rizal, S.Pd
Nip; 19700622 199412 1 003

Siak    November 2011
Guru mata pelajaran




Kukuh Tri Kusworo, SP
Nip; 19770921 200801 1 010
Penilaian unjuk kerja (Psikomotor) nilai 60%
Penilaian : Pencampuran media tanam
Nama: ...................................
Kelas: ....................................
No
Aspek Yang Dinilai
Benar
Salah
1
Meyiapkan media tanam


2
Mencampur Media tanam dengan rata


3
Memilih polibag


4
Memasukan media tanam kedalam polibag



Keterangan :  Benar mendapat skor  1
                      Salah mendapat  skor  0







 
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH




AY. Rizal, S.Pd
Nip; 19700622 199412 1 003

Siak    November 2011
Guru mata pelajaran




Kukuh Tri Kusworo, SP
Nip; 19770921 200801 1 010









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah               : SMKN 3 Siak
Mata Pelajaran              : Kompetensi Keahlian
Pertemuan Ke-              : 2
Alokasi Waktu              : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi     : Membibitkan Tanaman Perkebunan
Kompetensi Dasar        : Menyiapkan Lokasi Pembibitan Tanaman
Indikator                       : Mendemonstrasikan bahan tanaman sesuai dengan metode pembibitan

I.                   Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat mempraktekan bahan tanaman sesuai dengan metode pembibitan
II.                Materi Pembelajaran
·         Penyiapan bahan tanaman kelapa sawit
III.             Model Dan Metode Pembelajaran
·         Model : pengajaran langsung (DI)
·         Metode            : Ceramah, tanya jawa,b Demonstrasi, tugas
IV.             Langkah – Langkah Pembelajaran
·         Kegiatan awal (5 menit)
1.      Apersepsi, guru mengingatkat siswa tentang pelajaran yang telah dipelajarai
-          Bagaimana cara penyiapan media pembibitan yang baik ?
2.      Motifasi, guru memberikan motifasi kepada siswa tentang perlunya penyiapan bahan tanam
Kenapa kita memerlukan bahan tanam
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  (F1)


·         Kegiatan Inti (30 menit)
1.      Guru mendemonstrasikan dan menyajikan informasi tahap demi tahap bagaimana mendapatkan bibit yang unggul, (F2)
2.      Siswa mengulangi demonstrasi yang telah dilakukan guru (F3)
3.      Guru memberikan LKS dan mengecek pemahaman siswa (F4)
4.      Guru memberikan kesempatan, siswa menyiapkan bahan tanam kelapa sawit (F4)
·         Kegiatan akhir (10 menit)
1.      Siswa menyimpulkan mata pelajaran dibawah bimbingan guru
2.      Guru melaksanakan Postes
3.      Guru memberikan tugas/PR
V.                 Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Alat                       : laptop, LCD, skop, cangkul, kored
·         Bahan                    : Bibit tanaman perkebunan
·         Sumber belajar      : Modul agribisnis tanaman perkebunan, buku budidaya tanaman perkebunan, Lembar Kerja Siswa
VI.             Penilaian  
Teknik penilaian                : Tes tertulis, tes sekap, tes unjuk kerja
Bentuk instrument           : Urean, lembar obserfasi, uji prosedur dan prodak
Contoh instrument           : Terlampir
Tes tertulis nilai 20 %
1.      Bagaimana mengetahui kecambah biji sawit tidak layak (liar) untuk
     ditanam?
2.      Bagaimana mengetahui kecambah atau biji sawit layak untuk ditanam







·         Kunci jawaban dan skor
No
Jawaban
Skor
1
·         Tempurung bijinya tipis.
·         Bijinya masih banyak mengandung serabut,  ermukaanya kasar dan kotor karena mengupasnya tidak dilakukan dengan benar.
·         Panjang radikula (calon akar) dan plumula (calon batang) tidak seragam sebab memang tidak dilakukan seleksi biji.
·         Persentase kematian dari biji/kecambah cukup besar sebab sebelumnya biji tidak direndam dalam fungisida.
50
2
·         Warna radikula kekuning-kuningan,sedangkan plumula keputihputihan.
·         Ukuran radikula lebih panjang dari pada plumula.
·         Pertumbuhan radikula dan plumula lurus dan berlawanan arah.
·         Panjang maksimum radikula 5 cm, sedangkan plumula 3 cm.
50
Jumlah skor
100
















Tes sikap Afektif nilai 20 %
Mata pelajaran                         : kompetensi keahlian
Kelas/semester                        : X/genap
Alokasi waktu                         : 1 X 45 menit
Materi                                      : Penyiapan bahan tanam
Berilah tanda ceklis untuk aktifitas siswa
No
Nama siswa
Aktifitas siswa
1
2
3
4
5
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10












Keterangan ;
1.      Keaktifan
2.      Teliti
3.      Kerjasama
4.      Kejujuran
5.      Tanggung jawab

MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH




AY. Rizal, S.Pd
Nip; 19700622 199412 1 003

Siak    November 2011
Guru mata pelajaran




Kukuh Tri Kusworo, SP
Nip; 19770921 200801 1 010

Penilaian unjuk kerja (Psikomotor) nilai 60%
Penilaian : pemilihan bibit sawit yang baik
Nama: ...................................
Kelas: ....................................
No
Aspek Yang Dinilai
Benar
Salah
1
Memilih bibit sawit yang tidak layak ditanam


2
Memilih bibit kelapa sawit yang layak ditanam


3
Membuat kecambah kelapa sawit yang baik



Keterangan :  Benar mendapat skor  1
                      Salah mendapat  skor  0







 
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH




AY. Rizal, S.Pd
Nip; 19700622 199412 1 003

Siak    November 2011
Guru mata pelajaran




Kukuh Tri Kusworo, SP
Nip; 19770921 200801 1 010









9 komentar:

  1. bisa minta file doc. wordnya,,, tlong kirim ke alamat email uyunge@gmail.com,
    terima kasih

    BalasHapus
  2. minta tlg,bagi juga lah sm q file word doc nya..please/
    krm ke alamat email musyahwir1@yahoo.com

    BalasHapus
  3. bisa minta file doc nya kah tolong emailkan ke alamat tasdikismail@yahoo.com, terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    BalasHapus
  4. Mohon saya jg anthybhule@gmail.com

    BalasHapus
  5. boleh minta filenya,

    ipan.aceh2@gmail.com

    BalasHapus
  6. Boleh minta rpp nya gak bpk/ibu. Mksh

    BalasHapus
  7. Boleh minta rpp nya gak bpk/ibu. Mksh

    BalasHapus
  8. Boleh minta rpp nya gak bpk/ibu. Mksh

    BalasHapus